Kolaborasi HIMBIO UMRAH dengan HMPB UNRIKA di Wilayah Kerja I Adakan Webinar Nasional IKAHIMBI 2021

0
102

Minggu, 3 Oktober 2021, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Maritim Raja Ali Haji (HIMBIO UMRAH) bersamaan dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Riau Kepulauan (HMPB UNRIKA) mengadakan webinar nasional IKAHIMBI wilayah kerja I. Pada kesempatan ini, Phita Yola Lafiani (Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Maritim Raja Ali Haji) menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan webinar sangat menarik ini.

Kegiatan webinar ini dimoderatori oleh Khairul Thami (KORWIL IKAHIMBI WILKER I) periode 2019/2021 bersamaan dengan narasumber D. A. Khanda Saefudin (WAKIL SEKRETARIS JENDRAL III IKAHIMBI) periode 2019/2021. Webinar yang mengangkat tema Peran IKAHIMBI sebagai Wadah Kolaborasi Himpunan Mahasiswa Biologi.

Pemaparan materi struktur kepengurusan IKAHIMBI

Dalam webinar singkat tersebut, disampaikan juga terkait dengan makna dari IKAHIMBI. Mengutip Edi Arip Miharja, S.Si. (Sekjend I IKAHIMBI), IKAHIMBI adalah perjalanan dengan awal namun tanpa akhir. Sebuah kisah yang penuh peluh dan semangat, sebuah perjalanan berliku namun sarat akan makna. Saat ini perjalanan sudah dimulai, beberapa kisah telah tertulis. Mimpi, cita-cita, kepentingan berbaur dalam wadah kebersamaan. Batu-batu pondasi telah diletakkan, sebuahh sistem pun sudah dibangun. Aktualisasi adalah cita-cita tertinggi organisasi dalam rangka pemberdayaan mahasiswa untuk pembangunan nasional.

Kegiatan webinar yang membahas tentang isu peranan IKAHIMBI, Khanda selaku narasumber memberikan pemaparan terkait bukti-bukti kegiatan nyata dari IKAHIMBI beberapa di antaranya, yaitu:

  1. Program Berbagi Senyum Ke Timur Indonesia (2016)
  2. IKAHIMBI Peduli Gempa Bumi Lombok 7.0 SR (2018)
  3. IKAHIMBI  x World Clean Up Day (2019)
  4. IKAHIMBI x IOMS MIPA se-Indonesia (2020)
  5. IKAHIMBI Menanggapi Covid-19 di Indonesia (2020)
  6. IKAHIMBI Menanam Pohon Daerah Surabaya (Wilker V – 2020)
  7. Pengkajian Kedaulatan Agraria di Tanah Desa Wadas (Wilker IV – 2021)
  8. Release Buku Inventarisasi Flora dan Fauna Bali-Nusra (Wilker IV – 2021)
  9. IKAHIMBI x Aliansi Ketua Nasional Lintas Jurusan Keprofesian (2021)
  10. IKAHIMBI x PAWAI BEBAS PLASTIK (Oktober 2021 mendatang)

Kegiatan webinar dihadiri kurang lebih 156 orang dari berbagai mahasiswa dari universitas-universitas di wilayah kerja 1. Beberapa di antaranya Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Riau Kepulauan, Universitas Samudra, Universitas Riau

Webinar Nasional IKAHIMBI Wilayah Kerja 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here