Nur Eka Kusuma Hindrasti, M.Pd. dilahirkan di Ponorogo, Jawa Timur, pada tanggal 23 Mei 1989. Beliau menempuh pendidikan dasar sampai menengah atas di kota kelahirannya, mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Beliau menyelesaikan S1 di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta pada Tahun 2011 dan menyelesaikan  S2 di Program Studi Pendidikan Sains (Minat Utama Biologi) di Universitas yang sama.  Sejak Tahun 2014, Beliau berkarier sebagai dosen di bidang Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Sejak Tahun 2016 menjabat sebagai kepala laboratorium Pendidikan Biologi. Beliau juga menjadi pembina ON MIPA UMRAH Bidang Biologi sejak Tahun 2017. Sejak Tahun 2018 menjadi Editor in Chief di Jurnal Kiprah UMRAH yang merupakan Jurnal Pendidikan.

Daftar Publikasi

No.Judul Artikel IlmiahNama JurnalVolume/Nomor/Tahun 
1Pengaruh Problem Based Instruction (PBI) pada Siswa dengan Tingkat Motivasi Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA Batik 1 SurakartaPedagogi HayatiVolume 1 Nomor 1 Agustus 2016 
 PBL dengan metode eksperimen menggunakan teknik Roundhouse dan Mind Map terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari gaya dan motivasi belajar siswaProsiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi II Tahun 2016.ISBN: 978-602-60343-4-2 
 Profil Kearifan Lokal Kepri (Kepulauan Riau) Berbasis Lingkungan sebagai Pendekatan Pembelajaran SainsProsiding Seminar Nasional dan Rapat TahunanBidang MIPA BKS-PTN Barat 2017. Universitas Jambi. ISBN: 978-602-50593-0-8  http://semirata2017.mipa.unja.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/Prosiding-Biologi_Updated.pdf. 
2Modul Bahasa Inggris untuk Biologi Berorientasi Literasi Sains untuk Mahasiswa Pendidikan BiologiBiosfer: Jurnal Tadris BiologiVol.9 No.1, Juni 2018. 
3Reorientasi Pembelajaran Sains Berorientasi Literasi KelautanBioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi UNSVol.11 No.2, Agustus 2018. 
4Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Kelautan untuk siswa SMAKiprah: Jurnal PendidikanVol.6 No.2, Desember 2018. 
5Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Sistem PencernaanBioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi UMMVol. 10, N0.1, Mei 2019 
6Profil Pelaksanaan Program Adiwiyata dan Sikap Peduli Lingkungan di SMPN Adiwiyata.Kiprah: Jurnal PendidikanVol.7 No.1, Juni 2019 
 Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP Terintegrasi Adiwiyata Berbasis Kearifan Lokal Kepri pada Calon Sekolah Adiwiyata di TanjungpinangInternational Journal of Community Service Learning (IJCSL)Vol. 3 No. 3, Agustus 2019https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/16271
7The Reflective Thinking Skills of Preservice Biology Teacher in Histology LecturesJournal of Physics: Conference SeriesVol. 1470 Tahun 2020 

Bidang Keahlian: Pendidikan Biologi (Pendidikan Lingkungan Hidup dan Evaluasi Pembelajaran Biologi)

ID Scopus: 57216270007

Google Scholar

ID SINTA: 6095029  

Social Media:

Facebook

Instagram