Nur Eka Kusuma Hindrasti, M.Pd. dilahirkan di Ponorogo, Jawa Timur, pada tanggal 23 Mei 1989. Beliau menempuh pendidikan dasar sampai menengah atas di kota kelahirannya, mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Beliau menyelesaikan S1 di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta pada Tahun 2011 dan menyelesaikan S2 di Program Studi Pendidikan Sains (Minat Utama Biologi) di Universitas yang sama. Sejak Tahun 2014, Beliau berkarier sebagai dosen di bidang Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Sejak Tahun 2016 menjabat sebagai kepala laboratorium Pendidikan Biologi. Beliau juga menjadi pembina ON MIPA UMRAH Bidang Biologi sejak Tahun 2017. Sejak Tahun 2018 menjadi Editor in Chief di Jurnal Kiprah UMRAH yang merupakan Jurnal Pendidikan.
Daftar Publikasi
No. | Judul Artikel Ilmiah | Nama Jurnal | Volume/Nomor/Tahun | |
1 | Pengaruh Problem Based Instruction (PBI) pada Siswa dengan Tingkat Motivasi Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA Batik 1 Surakarta | Pedagogi Hayati | Volume 1 Nomor 1 Agustus 2016 | |
PBL dengan metode eksperimen menggunakan teknik Roundhouse dan Mind Map terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari gaya dan motivasi belajar siswa | Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi II Tahun 2016. | ISBN: 978-602-60343-4-2 | ||
Profil Kearifan Lokal Kepri (Kepulauan Riau) Berbasis Lingkungan sebagai Pendekatan Pembelajaran Sains | Prosiding Seminar Nasional dan Rapat TahunanBidang MIPA BKS-PTN Barat 2017. Universitas Jambi. ISBN: 978-602-50593-0-8 http://semirata2017.mipa.unja.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/Prosiding-Biologi_Updated.pdf. | |||
2 | Modul Bahasa Inggris untuk Biologi Berorientasi Literasi Sains untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi | Biosfer: Jurnal Tadris Biologi | Vol.9 No.1, Juni 2018. | |
3 | Reorientasi Pembelajaran Sains Berorientasi Literasi Kelautan | Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi UNS | Vol.11 No.2, Agustus 2018. | |
4 | Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Kelautan untuk siswa SMA | Kiprah: Jurnal Pendidikan | Vol.6 No.2, Desember 2018. | |
5 | Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Sistem Pencernaan | Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi UMM | Vol. 10, N0.1, Mei 2019 | |
6 | Profil Pelaksanaan Program Adiwiyata dan Sikap Peduli Lingkungan di SMPN Adiwiyata. | Kiprah: Jurnal Pendidikan | Vol.7 No.1, Juni 2019 | |
Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP Terintegrasi Adiwiyata Berbasis Kearifan Lokal Kepri pada Calon Sekolah Adiwiyata di Tanjungpinang | International Journal of Community Service Learning (IJCSL) | Vol. 3 No. 3, Agustus 2019 | https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/16271 | |
7 | The Reflective Thinking Skills of Preservice Biology Teacher in Histology Lectures | Journal of Physics: Conference Series | Vol. 1470 Tahun 2020 |
Bidang Keahlian: Pendidikan Biologi (Pendidikan Lingkungan Hidup dan Evaluasi Pembelajaran Biologi)
ID Scopus: 57216270007
Social Media: