Pembukaan 4th Biology Fun Competitions Tahun 2022 dan Pelaksanaan Olimpiade Biologi SMA oleh HIMBIO UMRAH

0
295

(Tanjungpinang, 28/05/2022) – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji menyelenggarakan kegiatan yang selanjutnya disebut 4th Biology Fun Competitions (BFC) di Rektorat Kampus Dompak Unversitas Maritim Raja Ali Haji, Pulau Dompak, Tanjungpinang bertepatan di Ruang Serba Guna, Tanjak (Lantai 3). Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji, Pembina HIMBIO UMRAH, Peserta Olimpiade dan Guru Pendamping serta Panitia Pelaksana.

Kata sambutan oleh Dekan FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji, Assist. Prof. Satria Agust, S.S., M.Pd.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Tanjak, ruang serba guna Kampus Dompak Universitas Maritim Raja Ali Haji terdiri atas kegiatan pembukaan 4th Biology Fun Competitions bersamaan dilaksanakannya kegiatan Olimpiade Biologi tingkat SMA/MA se-Kota Tanjungpinang dan Bintan sekitarnya. Adapun sekolah-sekolah di satuan pendidikan sekolah menengah atas yang bergabung dalam kompetisi ini, antara lain:

  1. SMA Negeri 2 Tanjungpinang
  2. SMA Negeri 1 Bintan Timur
  3. SMA Negeri 7 Tanjungpinang
  4. MAN Tanjungpinang
  5. MA Miftahul Ulum
  6. SMA Negeri 3 Tanjungpinang
  7. SMA Negeri 6 Tanjungpinang
  8. MAN Bintan
  9. SMA IT Taruna Ar Risalah Tanjungpinang
  10. MAS Madani Tebuireng
  11. SMAS Pelita Nusantara
  12. SMA Negeri 1 Tanjungpinang
  13. SMA Negeri 1 Mantang
  14. SMAS Maitreyawira

Hasil rekapitulasi jumlah partisipan yang hadir sebanyak 53 partisipan dengan masing-masing 39 peserta olimpiade dengan 14 guru pendamping. Assist. Prof. Bony Irawan, S.Pd., M.Pd., selaku pembina Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Maritim Raja Ali Haji mengatakan bahwa peserta-peserta yang hadir dalam kegiatan 4th Biology Fun Competitions ini merupakan siswa-siswa terbaik pilihan sekolahnya masing-masing yang diharapkannya dapat memberikan kontribusi bagi sekolahnya masing-masing. Beliau juga menginformasikan bahwa 4th Biology Fun Competition ini merupakan kegiatan rutinitas yang diselenggarakan oleh HIMBIO UMRAH setiap tahunnya dan ini merupakan tahun ke-4 dilaksanakannya kegiatan BFC.

Pembukaan kegiatan 4th Biology Fun Competitions (BFC) di Ruang Tanjak, Kampus Dompak, UMRAH

Assist. Prof. Satria Agust, S.S., M.Pd., selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji turut hadir dalam kegiatan 4th BFC dan membuka secara resmi kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biology FKIP UMRAH. Agenda kegiatan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi bersama sebelum kegiatan olimpiade biologi dilaksanakan.

Pelaksanaan olimpiade biologi berlangsung juga di dalam ruang serba guna, Ruang Tanjak dimana peserta olimpiade diberikan waktu mengerjakan soal-soal yang ada sebanyak 180 menit terhitung sejak 09.15 hingga 12.15 WIB. Selama kegiatan olimpiade berlangsung peserta harus mematuhi segala peraturan-peraturan yang telah dibacakan oleh moderator.

Suasana pelaksanaan olimpiade biologi di Ruang Tanjak

Dewanto selaku ketua umum HIMBIO UMRAH sekaligus koordinator tim olimpiade menyatakan bahwa untuk kegiatan olimpiade biologi ini mengikuti silabus yang mengacu pada IBO (International Biology Olimpiade) sehingga bentuk soalnya berupa pernyataan benar atau salah. Jadi peserta diberikan suatu masalah atau kondisi pada setiap soal, kemudian peserta harus menganalisis setiap pernyataan opsi A hingga D, benar atau salah.

Pelaksanaan kegiatan olimpiade berlangsung dengan sangat ketat di mana jumlah pengawas yang terlibat dengan jumlah yang banyak tersebar di masing-masing sudut ruangan olimpiade. Berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian lembar jawaban masing-masing peserta yang berjumlah 39 orang. Dari 50 soal yang diberikan maka skor maksimum yang bisa diraih oleh peserta sebesar 200. Adapun skor maksimum yang diperoleh peserta olimpiade biologi pada 4th Biology Fun Competitions ini sebesar 146/200.

Pemenang olimpiade biologi SMA dari kiri ke kanan (Juara 1/Ezra), (Juara 2/ Cindy), dan (Juara 3/Diva)

Penilaian yang dilakukan oleh tim olimpiade HIMBIO UMRAH dan menetapkan juara 1, 2 dan 3 berturut-turut diperoleh oleh:

  • Juara 1: Ezra Harvey Pongarrang (SMA Negeri 1 Tanjungpinang dengan guru pendamping, Yunita, S.Si.)
  • Juara 2: Cindy Claudia (SMAS Maitreyawira Tanjungpinang dengan guru pendamping, Monica Narima Ningtias, S.Pd.)
  • Juara 3: Diva Octaviani (SMA Negeri 1 Bintan Timur dengan guru pendamping, Ratih Pratiwi)

Pewarta & Editor: Dewanto (Pendidikan Biologi 2019)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here