PKKMB Prodi Pendidikan Biologi UMRAH 2022

0
117

(Pulau Dompak, 22 Agustus 2022) – Universitas Maritim Raja Ali Haji telah melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2022/2023. Hal ini resmi dilakukan dengan adanya PKKMB tingkat Universitas yang berlangsung selama 2 hari terhitung dari 22 hingga 23 Agustus 2022. PKKMB atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru ini dilaksanakan secara hybrid dengan sebagian dihadirkan langsung dalam Auditorium Kampus Dompak dan sisanya daring dari rumah masing-masing.

Terpantau dari Rabu, 24 Agustus 2022 dilanjutkan dengan PKKMB tingkat Fakultas yaitu dilakukan di koridor RKB Lantai 3 Kampus Dompak yang diinisiasikan oleh masing-masing fakultas. Dalam hal ini, mahasiswa pendidikan biologi masih mengikuti serangkaian kegiatan PKKMB tingkat fakultas oleh FKIP UMRAH. Di hari yang bersamaan juga terdapat sesi untuk perkenalan mahasiswa dengan dosen maupun staf masing-masing program studi yang dikelola langsung oleh masing-masing pengurus HMJ.

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh tim HIMBIO UMRAH dengan kategori jalur masuk, asal provinsi, asal kabupaten/kota, gender, dan besaran UKT diperoleh hasil sebagai berikut:

Gambar 1. Persebaran Mahasiswa Baru Pendidikan Biologi UMRAH Berdasarkan Jalur Masuk

Mahasiswa baru program studi pendidikan biologi UMRAH banyak diterima melalui jalur SNMPTN (33 mahasiswa atau sebesar 48%), disusul dengan jalur SBMPTN (29 mahasiswa atau sebesar 43%) dan jalur SMMPTN (6 mahasiswa atau sebesar 9%). Di lain sisi, berdasarkan provinsi asalnya 96% mahasiswa baru program studi pendidikan biologi berasal dari provinsi Kepulauan Riau dan 4% sisanya berasal dari provinsi Sumatera Utara. Selain itu, dapat diketahui mahasiswa baru pendidikan biologi UMRAH tahun ini banyak berasal dari kabupaten Lingga dengan jumlah mencapai 15 mahasiswa. Persebaran tarif UKT mahasiswa baru pendidikan biologi juga bervariasi sebagaimana terlampir dalam gambar di bawah ini.

Gambar 2. Persebaran Mahasiswa Baru Pendidikan Biologi UMRAH Berdasarkan Asal Provinsi
Gambar 3. Persebaran Mahasiswa Baru Pendidikan Biologi UMRAH Berdasarkan Asal Kab/Kota
Gambar 4. Persebaran Mahasiswa Baru Pendidikan Biologi UMRAH Berdasarkan Gender
Gambar 5. Persebaran Mahasiswa Baru Pendidikan Biologi UMRAH Berdasarkan Tarif UKT

Tidak hanya sekedar PKKMB tingkat Universitas dan Fakultas, Prodi Pendidikan UMRAH juga menyelenggarakan PKKMB tingkat Program Studi dilaksanakan pada Kamis-Jumat, 25-26 Agustus 2022. Kegiatan penyelenggaraan PKKMB tingkat program studi ini diinisiasikan oleh pengurus HIMBIO UMRAH bersama Kaprodi maupun Sekprodi.

Adapun tujuan dilaksanakannya PKKMB tingkat program studi ini tidak lain untuk memperkenalkan sistem perkuliahan dan pembelajaran di program studi pendidikan biologi yang membedakan dengan prodi-prodi lain di lingkungan FKIP maupun di UMRAH. Tim-tim ahli materi yang ditunjuk untuk memberikan pendampingan kepada mahasiswa baru bagaimana perbedaan dunia perkuliahan dengan sekolah menengah, sistem penilaian, peraturan akademik, kurikulum dan MBKM, beasiswa, pentingnya organisasi dan lain-lainnya. PKKMB tingkat program studi tidak hanya materi yang diberikan tetapi juga diimbangi dengan games maupun ice breaking kepada mahasiswa baru agar terbentuk suatu jalinan komunikasi antarangkatan membentuk kekeluargaan.

Gambar 6. Penyampaian Materi oleh Ketua Program Studi, Assist. Prof. Dr. Hj. Nevrita, M.Pd., M.Si.
Gambar 7. Penyampaian materi dari pengurus HIMBIO UMRAH
Gambar 8. Perkenalan Perwakilan Angkatan
Gambar 9. Ice Breaking dan Games
Dokumentasi Video Kegiatan PKKMB Pendidikan Biologi 2022

Penyelenggaraan kegiatan PKKMB ini hendaknya dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip-prinsip yang dipandukan oleh Kemdikbudristek RI. PKKMB bukanlah ajang perpeloncoan yang menunjukkan senioritas melainkan suatu wadah untuk memperluas jejaring sosial sesama mahasiswa antar-angkatan.

Editor: Dewanto (190384205039)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here