Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

VISI :

“Menjadi Program Studi pendidikan biologi unggulan bidang pengajaran dan riset kependidikan serta budaya maritim berdaya saing internasional tahun 2040

MISI :

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan biologi berbasis riset berlandaskan wawasan kemaritiman bereputasi internasional.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui riset kependidikan bereputasi internasional.
  3. Memanfaatkan dan menyebarluaskan hasil riset kependidikan dan inovasi pembelajaran bereputasi internasional.
  4. Membangun tata kelola program studi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil bereputasi internasional.
  5. Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri dalam rangka akselerasi pengembangan program studi.

TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

  1. Mewujudkan pendidikan biologi berbasis riset berwawasan kemaritiman.
  2. Menghasilkan riset dan publikasi kependidikan berbasis kemaritiman bereputasi internasional.
  3. Mengaplikasikan hasil riset kependidikan dan inovasi pembelajaran kepada masyarakat luas.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan kemaritiman.
  5. Mewujudkan tata kelola program studi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil bereputasi internasional.
  6. Mempercepat pengembangan, penguatan dan pencapaian program studi unggul bereputasi internasional melalui jejaring yang luas.

SASARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

No.Isu StrategisSasaran Strategis
1Citra Prodia. Meningkatkan status akreditasi Prodi.
b. Meningkatkan kondusivitas suasana kehidupan kampus yang mendukung keberhasilan proses belajar-mengajar.
c. Menjalin hubungan yang lebih intens dan kontinyu dengan alumni.
d. Menciptakan mekanisme pelaporan dan akuntabilitas Prodi terhadap stakeholder.
e. Menyempurnakan dan mengoptimalkan isi website Prodi
f. Menjalin kerja sama dengan instansi/lembaga lain baik dalam maupun luar negeri.
2Kualitas Proses Perkuliahana. Meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar.
b. Meningkatkan intensitas pengusaaan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan teknologi informasi bagi mahasiswa dan tenaga pengajar.
c. Menetapkan standar kompetensi lulusan.
d. Menata kurikulum Prodi agar relevan dengan kebutuhan stakeholder.
e. Memantapkan student center learning dalam proses pembelajaran.
3Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakata. Meningkatkan kuantitas pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
b. Meningkatkan kualitas dan relevansi pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
4Budaya Kerja dan Budaya Akademika. Meningkatkan kedisiplinan, kualitas kerja, dan profesionalisme tenaga pendidik, tenaga kependidikan.
b. Meningkatkan produktivitas dosen dan mahasiswa dalam menulis dan publikasi karya ilmiah.
c. Meningkatkan keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah, baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.
d. Mengaktifkan kegiatan diskusi dan/atau seminar rutin berkaitan dengan perkembangan ilmu pendidikan biologi.
e. Meningkatkan kualitas penilaian kinerja dosen
f. Menetapkan secara tepat reward system untuk dosen dan mahasiswa berprestasi.
5Kualitas Sumberdaya Manusia dan Infrastruktura. Merencanakan, mengembangakan karier tenaga pendidik
b. Membangun semangat kerja dan etos kerja yang baik.
c. Meningkatkan penguasaan teknologi informasi dan bahasa asing bagi dosen dan mahasiswa
d. Pengembangan, pemeliharaan, dan optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana (sistem komputerisasi dengan jaringan luas; melengkapi fasilitas laboratorium; meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, ruang baca dan internet).
6Tatalaksana Organisasi dan Manajemena. Menaati program rekonstruksi struktur organisasi FKIP UMRAH untuk mencapai efektivitas dan efisiensi tatakelola Prodi
b. Mengembangkan standard operating procedure (SOP) Prodi  dalam rangka pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.
c. Melaksanakan penyusunan program kerja dan penganggaran  dengan fokus pada pengembangan Prodi
d. Meningkatkan ketertiban dan kedisiplinan dalam pelaksanaan program kerja dan penggunaan anggaran Prodi
7Kerjasama, Aliansi Strategis dan Jejaringa. Meningkatkan kerja sama (sinergi) antara Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH dengan prodi Pendidikan Biologi perguruan tinggi lain.
b. Meningkatkan kerja sama dan jejaring antara Prodi Pendidikan Biologi dengan institusi lain seperti sekolah atau lembaga penelitian untuk kegiatan tridharma perguruan tinggi.
8Kemahasiswaan dan Alumnia. Memberi kesempatan kegiatan penalaran, keilmuan, minat, dan bakat mahasiswa melalui kegiatan ekstra-kurikuler.
b. Mendukung program pembinaan kegiatan mahasiswa untuk menunjang pengembangan Prodi
c. Memperluas sebaran informasi dan kesempatan pemberian beasiswa kepada mahasiswa
d. Memanfaatkan dan memantapkan sistem penelusuran (tracing) alumni

STRATEGI PENCAPAIAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI