Webinar Pendekatan dan Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis STEM

1
519

Tanjungpinang (28/09/2020) – Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji menyelenggarakan webinar pada Senin, 28 September 2020. Kegiatan webinar disambut oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji, Assoc. Prof. Dr. H. Abdul Malik, M.Pd., terkait pelaksanaan Webinar yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH dinilai sangat penting dan tepat untuk dilaksanakan. Menurut beliau pendekatan STEM sangat penting sekali bagi mereka yang berada di dunia pendidikan baik di tingkat sekolah maupun pendidikan tinggi akan sangat berguna bagi guru, dosen maupun mahasiswa pendidikan biologi maupun IPA. Webinar yang dimoderasi oleh dosen pendidikan biologi FKIP UMRAH, Ibu Trisna Ameli, S.Pd., M.Pd., juga berpesan bahwa STEM Education berperan penting dalam era Revolusi Industri 4.0.

Ibu Ramli Murni, S.P., M.Si., Ed.D., selaku narasumber pada kegiatan webinar ini menekankan bahwa tujuan dari pendekatan STEM ini tidak lain yaitu Problem Solver, menghasilkan peserta didik dapat memecahkan suatu permasalahan dan Creative Thinker, peserta didik yang tidak hanya bisa memecahkan suatu permasalahan tetapi juga bisa menghasilkan ide-ide pemikiran kreatif.

Kegiatan webinar diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari siswa, mahasiswa, guru hingga dosen seluruh Indonesia yang berasal dari program studi pendidikan biologi ataupun IPA maupun bagi mereka yang penasaran terkait dengan STEM Education. Kegiatan webinar ini dilakukan secara terbuka untuk publik yang ingin mengenal dan mengembangkan bahan ajar berbasis STEM, khususnya biologi.

Webinar yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji dengan mengangkat Tema Pendekatan dan Pengembangan Bahan Ajar Biologi diikuti sebanyak 180 partisipan dengan antusias. Terlihat banyak peserta-peserta webinar yang memberikan pertanyaan terkait dengan STEM Education maupun biologi.

Proses pelaksanaan webinar tidak hanya berupa pematerian dari narasumber serta tanya jawab. Namun, narasumber juga mengajak peserta untuk ikut serta secara langsung dalam proses pengembangan berbasis STEM dari permasalahan-permasalahan yang ada, misalnya pada sistem gerak yang diilustrasikan oleh Narasumber. Hal ini membuat kegiatan webinar lebih interaktif dengan harapan setelah kegiatan ini peserta dapat mengaplikasikannya.

Download:

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here