Sikap | S-1 | Mampu menunjukkan sikap religius dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; |
| S-2 | Mampu menunjukkan sikap-sikap yang menjunjung nilai kemanusiaan (nilai moral, etika dan nilai agama) |
| S-3 | Mampu menunjukkan sikap nasionalisme, dan bertanggungjawab pada negara dan bangsa |
| S-4 | Mampu menunjukkan sikap saling menghargai terhadap perbedaan budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
| S-5 | Mampu berperan dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila |
| S-6 | Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
| S-7 | Mampu bersikap taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
| S-8 | Mampu menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan |
| S-9 | Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
| S-10 | Mampu menunjukkan sikap yang tulus, komitmen tinggi, kesungguhan hati dalam mengembangkan kemampuan peserta didik |
Pengetahuan | P-1 | Mampu menguasai teori konsep, prinsip dan prosedur dasar melalui pemanfaatan teknologi-informasi digital yang relevan dengan keilmuan biologi dan pembelajarannya di sekolah |
| P-2 | Mampu menguasai konsep, prinsip dan teori pedagogi andragogi, dan didaktikal biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) melalui pemanfaatan teknologi-informasi digital |
| P-3 | Mampu menguasai teori, konsep, prinsip dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai tuntutan jaman |
| P-4 | Mampu menguasai teori, konsep, prinsip, dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya |
| P-5 | Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan |
| P-6 | Mampu menguasai perkembangan isu terkini terkait dengan kebijakan pendidikan, implementasi dan implikasinya berdasarkan nilai humanities |
| P-7 | Mampu menguasai konsep dasar di bidang penelitian biologi dan penelitian pendidikan biologi |
| P-8 | Mampu menguasai teori, konsep, prinsip dan prosedural terkait dengan edupreneurship |
| P-9 | Mampu menguasai wawasan kemaritiman sebagai aspek kontekstualitas untuk diintegrasikan dalam ruang lingkup keilmuan |
Keterampilan Umum | KU-1 | Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dalam bidang keahliannya |
| KU-2 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni dalam bidang pendidikan biologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir |
| KU-3 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data |
| KU-4 | Mampu mengaplikasikan kemampuan dasar dalam mengelola dan meningkatkan kapasitas pembelajaran yang diembannya |
| KU-5 | Mampu mengembangkan dan memelihara jejaring/network |
| KU-6 | Mampu menyusun dan mengomunikasikan materi dalam bidangnya dengan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan didasarkan pada etika akademik, melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas |
Keterampilan Khusus | KK-1 | Mampu memotivasi diri untuk selalu mengikuti perkembangan keilmuan biologi dan pembelajarannya secara sinambung sebagai dasar keilmuan untuk profesinya |
| KK-2 | Mampu merencanakan, merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran biologi dengan pendekatan siswa aktif dengan memanfaatkan sumber, media dan potensi lingkungan setempat sesuai dengan tuntutan kurikulum sekolah dalam kerangka TPCK (Technological Pedagogical Content Knowledge) atau SSP (Subject Specific Pedagogy) sesuai dengan standar mutu yang berlaku |
| KK-3 | Mampu melakukan perbaikan proses pembelajaran biologi yang dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas (action research) yang memanfaatkan data dan informasi digital. |
| KK-4 | Mampu mengaplikasikan metoda pembelajaran biologi yang telah dikembangkan secara inovatif |
| KK-5 | Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran |
| KK-6 | Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang pendidikan biologi |
| KK-7 | Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil/luaran/ produk yang dihasilkan dalam bidang yang berkaitan dengan pendidikan biologi dan pembelajaran biologi menggunakan bahasa Inggris |
| KK-8 | Mampu dan terampil mengelola laboratorium sekolah dengan memanfaatkan perkembangan era informasi digital |
| KK-9 | Mampu mengembangkan bidang keilmuan dan menerapkan pembelajaran dengan mengintegrasikan wawasan kemaritiman sebagai bentuk kontribusi mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia. |
| KK-10 | Mampu mengembangkan inovasi dan membangun jejaring untuk menciptakan peluang usaha di bidang keilmuan biologi dan pendidikan biologi. |