Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran LulusanKode CPLRincian CPL
SikapS-1Mampu menunjukkan sikap religius dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa;
S-2Mampu menunjukkan sikap-sikap yang menjunjung nilai kemanusiaan (nilai moral, etika dan nilai agama)
S-3Mampu menunjukkan sikap nasionalisme, dan bertanggungjawab pada negara dan bangsa
S-4Mampu menunjukkan sikap saling menghargai terhadap perbedaan budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S-5Mampu berperan dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
S-6Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S-7Mampu bersikap taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S-8Mampu menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan
S-9Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S-10Mampu menunjukkan sikap yang tulus, komitmen tinggi, kesungguhan hati dalam mengembangkan kemampuan peserta didik
PengetahuanP-1Mampu menguasai teori konsep, prinsip dan prosedur dasar melalui pemanfaatan teknologi-informasi digital yang relevan dengan keilmuan biologi dan pembelajarannya di sekolah
P-2Mampu menguasai konsep, prinsip dan teori pedagogi andragogi, dan didaktikal biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy) melalui pemanfaatan teknologi-informasi digital
P-3Mampu menguasai teori, konsep, prinsip dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai tuntutan jaman
P-4Mampu menguasai teori, konsep, prinsip, dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya
P-5Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan
P-6Mampu menguasai perkembangan isu terkini terkait dengan kebijakan pendidikan, implementasi dan implikasinya berdasarkan nilai humanities
P-7Mampu menguasai konsep dasar di bidang penelitian biologi dan penelitian pendidikan biologi
P-8Mampu menguasai teori, konsep, prinsip dan prosedural terkait dengan edupreneurship
P-9Mampu menguasai wawasan kemaritiman sebagai aspek kontekstualitas untuk diintegrasikan dalam ruang lingkup keilmuan
Keterampilan UmumKU-1Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dalam bidang keahliannya
KU-2Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni dalam bidang pendidikan biologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir
KU-3Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data
KU-4Mampu mengaplikasikan kemampuan dasar dalam mengelola dan meningkatkan kapasitas pembelajaran yang diembannya
KU-5Mampu mengembangkan dan memelihara jejaring/network
KU-6Mampu menyusun dan mengomunikasikan materi dalam bidangnya dengan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan didasarkan pada etika akademik, melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas
Keterampilan KhususKK-1Mampu memotivasi diri untuk selalu mengikuti perkembangan keilmuan biologi dan pembelajarannya secara sinambung sebagai dasar keilmuan untuk profesinya
KK-2Mampu merencanakan, merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran biologi dengan pendekatan siswa aktif dengan memanfaatkan sumber, media dan potensi lingkungan setempat sesuai dengan tuntutan kurikulum sekolah dalam kerangka TPCK (Technological Pedagogical Content Knowledge) atau SSP (Subject Specific Pedagogy) sesuai dengan standar mutu yang berlaku
KK-3Mampu melakukan perbaikan proses pembelajaran biologi yang dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas (action research) yang memanfaatkan data dan informasi digital.
KK-4Mampu mengaplikasikan metoda pembelajaran biologi yang telah dikembangkan secara inovatif
KK-5Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran
KK-6Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang pendidikan biologi
KK-7Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil/luaran/ produk yang dihasilkan dalam bidang yang berkaitan dengan pendidikan biologi dan pembelajaran biologi menggunakan bahasa Inggris
KK-8Mampu dan terampil mengelola laboratorium sekolah dengan memanfaatkan perkembangan era informasi digital
KK-9Mampu mengembangkan bidang keilmuan dan menerapkan pembelajaran dengan mengintegrasikan wawasan kemaritiman sebagai bentuk kontribusi mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia.
KK-10Mampu mengembangkan inovasi dan membangun jejaring untuk menciptakan peluang usaha di bidang keilmuan biologi dan pendidikan biologi.