RENSTRA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UMRAH
Rencana pengembangan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji tahun 2016 – 2020 merupakan landasan bagi pengembangan perencanaan aktivitas di lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi dan diukur tiap tahun didasarkan atas indikator kinerja yang ditetapkan. Rencana pengembangan berdasarkan isu-isu strategis dengan memperhatikan tujuan strategis yang hendak dicapai, Program Studi Pendidikan Biologi menetapkan sasaran strategis berikut:
No. | Isu Strategis | Sasaran Strategis |
1 | Citra Prodi | a. Meningkatkan status akreditasi Prodi.
b. Meningkatkan kondusivitas suasana kehidupan kampus yang mendukung keberhasilan proses belajar-mengajar. c. Menjalin hubungan yang lebih intens dan kontinyu dengan alumni. d. Menciptakan mekanisme pelaporan dan akuntabilitas Prodi terhadap stakeholder. e. Menyempurnakan dan mengoptimalkan isi website Prodi f. Menjalin kerja sama dengan instansi/lembaga lain baik di dalam negeri maupun luar negeri. |
2 | Kualitas Proses Perkuliahan | a. Meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar.
b. Meningkatkan intensitas pengusaaan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan teknologi informasi bagi mahasiswa dan tenaga pengajar. b. Menetapkan standar kompetensi lulusan. c. Menata kurikulum Prodi agar relevan dengan kebutuhan stakeholder. d. Memantapkan student center learning dalam proses pembelajaran. |
3 | Penelitian dan
Pengabdian kepada Masyarakat |
a. Meningkatkan kuantitas pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
b. Meningkatkan kualitas dan relevansi pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat |
4 | Budaya Kerja dan
Budaya Akademik |
a. Meningkatkan kedisiplinan, kualitas kerja, dan profesionalisme tenaga pendidik, tenaga kependidikan.
b. Meningkatkan produktivitas dosen dan mahasiswa dalam menulis dan publikasi karya ilmiah. c. Meningkatkan keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah, baik tingkat lokal, nasional maupun internasional. d. Mengaktifkan kegiatan diskusi dan/atau seminar rutin berkaitan dengan perkembangan ilmu pendidikan biologi. e. Meningkatkan kualitas penilaian kinerja dosen f. Menetapkan secara tepat reward system untuk dosen dan mahasiswa berprestasi. |
5 | Kualitas
Sumberdaya Manusia dan Infrastruktur |
a. Merencanakan, mengembangakan karier tenaga pendidik
b. Membangun semangat kerja dan etos kerja yang baik. c. Meningkatkan penguasaan teknologi informasi dan bahasa asing bagi dosen dan mahasiswa d. Pengembangan, pemeliharaan, dan optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana (sistem komputerisasi dengan jaringan luas; melengkapi fasilitas laboratorium; meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, ruang baca dan internet). |
6 | Tatalaksana
Organisasi dan Manajemen |
a. Menaati program rekonstruksi struktur organisasi FKIP UMRAH untuk mencapai efektivitas dan efisiensi tatakelola Prodi
b. Mengembangkan standard operating procedure (SOP) Prodi dalam rangka pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. b. Melaksanakan penyusunan program kerja dan penganggaran dengan fokus pada pengembangan Prodi c. Meningkatkan ketertiban dan kedisiplinan dalam pelaksanaan program kerja dan penggunaan anggaran Prodi |
7 | Kerjasama, Aliansi
Strategis dan Jejaring |
a. Meningkatkan kerja sama (sinergi) antara Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH dengan prodi pend.biologi perguruan tinggi lain.
b. Meningkatkan kerja sama dan jejaring antara Prodi Pendidikan Biologi dengan institusi lain seperti sekolah atau lembaga penelitian untuk kegiatan tridharma perguruan tinggi. |
8 | Kemahasiswaan
dan Alumni |
a. Memberi kesempatan kegiatan penalaran, keilmuan, minat, dan bakat mahasiswa melalui kegiatan ekstra-kurikuler.
b. Mendukung program pembinaan kegiatan mahasiswa untuk menunjang pengembangan Prodi a. Memperluas sebaran informasi dan kesempatan pemberian beasiswa kepada mahasiswa c. Memanfaatkan dan memantapkan sistem penelusuran (tracing) alumni |
TAHAPAN PENCAPAIAN RENCANA STRATEGIS
No | Isu Strategis | Program | Kegiatan | Indikator | Sasaran | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||||
1 | Citra Prodi | Peningkatan
status akreditasi program studi |
Meningkatkan status akreditasi Prodi. | Peringkat akreditasi | – | B | B | B | A |
Publikasi Program
Studi |
Pengembangan dan pemantapan website Prodi | Pemutakhiran website prodi | √ | √ | √ | √ | √ | ||
Peningkatan jumlah mitra kerjasama | Jumlah mitra | 2 | 4 | 6 | 8 | 10 | |||
2 | Kualitas
Lulusan |
Peningkatkan
Kualitas Proses Belajar-Mengajar |
Menetapkan beban mengajar dosen sesuai bidang
keilmuan pada Prodi |
Beban mengajar (sks) | 12 | 12 | 12 | 12 | 12 |
Koordinasi pengembangan bahan ajar dalam kelompok dosen berkeahlian | Frekuensi koordinasi persemester | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | |||
Mengembangkan e-learning pendukung pembelajaran | Jumlah dosen pengguna
e-learning |
0 | 1 | 3 | 5 | 7 | |||
Monitoring dan Evaluasi Perkuliahan oleh KaProdi | Frekuensi per-Semester | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |||
Penilaian Proses Perkuliahan oleh Mahasiswa | Frekuensi per-Semester | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |||
Peningkatan
Relevansi Kurikulum |
Me-review kurikulum Prodi | Pemutakhiran Kurikulum | – | – | – | √ | √ | ||
Mengevaluasi Silabus, Kontrak Perkuliahan, dan
RPS |
Pemutakhiran Silabus,
Kontrak Perkuliahan, dan RPS |
√ | √ | √ | √ | √ | |||
Menyusun modul /buku ajar | Jumlah buku ajar | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | |||
Meng-update buku panduan praktikum/laboratorium | Pemutakhiran panduan | √ | √ | √ | √ | √ | |||
Kualitas Skripsi | Mengevaluasi Pedoman Penulisan Skripsi | Pemutakhiran Pedoman | √ | √ | √ | √ | √ | ||
Menetapkan jumlah minimum pertemuan konsultasi
mahasiswa dengan dosen pembimbing |
Jumlah mahasiswa | 0 | 4 | 6 | 6 | 6 | |||
Menetapkan jumlah minimum pertemuan konsultasi
mahasiswa dengan dosen pembimbing |
Frekuensi Konsultasi | 8 | 8 | 8 | 8 | 8 | |||
Monitoring, evaluasi, dan tindak lanjut
pembimbingan mahasiswa dalam kripsi |
Frekuensi Per-Semester | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |||
3 | Penelitian dan
Pengabdian Kepada Masyarakat |
Peningkatan
jumlah penelitian dosen dan mahasiswa |
Mewajibkan dosen untuk
melakukan penelitian mandiri/ kelompok masing-masing minimal 1 kali dalam 1 tahun akademik dengan dana mandiri/ internal |
Jumlah Penelitian | 5 | 6 | 7 | 7 | 7 |
Mendorong dosen untuk
melakukan penelitian dengan dana Hibah Dikti |
Jumlah Penelitian | 1 | 3 | 3 | 3 | 3 | |||
Pelibatan mahasiswa dalam penelitian dosen | Jumlah Penelitian | 0 | 2 | 4 | 6 | 8 | |||
Peningkatan
kualitas dan relevansi penelitian dosen |
Mengikutsertakan dosen pada
Training Metodologi Penelitian |
Jumlah Dosen | 0 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
Menyelenggarakan pelatihan metodologi penelitian
dan analisis data |
Frekuensi Pelatihan | 0 | 1 | 1 | 1 | 1 | |||
Peningkatan
karya penelitian dosen untuk memperoleh Paten dan HaKI |
Merencanakan penelitian unggulan dosen yang dapat
diajukan untuk memperoleh Paten dan HaKI |
Jumlah Hak Paten/HaKI | 0 | 0 | 1 | 1 | 1 | ||
Peningkatan
jumlah, kualitas, dan relevansi kegiatan pengabdian kepada masyarakat |
Mewajibkan dosen untuk melakukan PKM mandiri dan
kelompok masing-masing minimal 1 kali dalam 1 tahun akademik dengan dana internal (mandiri) maupun eksternal |
Jumlah Kegiatan PKM | 4 | 6 | 8 | 10 | 10 | ||
Pelibatan mahasiswa dalam kegiatan PKM | Jumlah Kegiatan PKM | 4 | 6 | 8 | 10 | 10 | |||
4 | Budaya Kerja
dan Budaya Akademik |
Membangun
budaya kerja dan budaya akademik yang baik bagi sivitas akademika |
Sosialisasi visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi
kepada sivitas akademika dan stakeholder |
Visi, Misi, Tujuan, dan
Sasaran Prodi tersosialisasi |
√ | √ | √ | √ | √ |
Menetapkan secara tepat reward system untuk
dosen berprestas |
Aturan reward system | – | √ | √ | √ | √ | |||
Melakukan penilaian kinerja dosen oleh mahasiswa | Frekuensi penilaian | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |||
Melakukan penilaian kinerja dosen dengan peer review | Frekuensi penilaian | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |||
Meningkatkan
keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah |
Mengaktifkan kegiatan diskusi rutin dalam kelompok kajian
berkaitan dengan perkembangan ilmu pendidikan dan biologi |
Frekuensi diskusi | 0 | 4 | 6 | 8 | 10 | ||
Mendorong penulisan dan presentasi karya
ilmiah bidang pendidikan dan biolofi pada seminar/ simposium nasional: |
|||||||||
a. dosen | Jumlah artikel | 7 | 7 | 7 | 7 | 7 | |||
b. mahasisiwa | Jumlah artikel | 0 | 1 | 1 | 2 | 2 | |||
Mendorong penulisan dan presentasi karya
ilmiah pada seminar/simp. internasional |
|||||||||
a. dosen | Jumlah artikel | 0 | 1 | 1 | 1 | 2 | |||
b. mahasisiwa | Jumlah artikel | 0 | 0 | 1 | 1 | 1 | |||
Peningkatan
produktivitas dosen dan mahasiswa dalam menulis dan publikasi karya ilmiah. |
Mendorong penulisan dan publikasi karya
ilmiah pada jurnal terakreditasi nasional |
||||||||
a. dosen | Jumlah artikel | 0 | 1 | 3 | 5 | 7 | |||
b. mahasisiwa | Jumlah artikel | 0 | 0 | 1 | 1 | 1 | |||
Mendorong penulisan dan publikasi karya
ilmiah pada jurnal terakreditasi internasional: |
|||||||||
a. dosen | Jumlah artikel | 0 | 0 | 1 | 2 | 3 | |||
b. mahasisiwa | Jumlah artikel | 0 | 0 | 0 | 1 | 1 | |||
Mengikutsertakan dosen pada pelatihan
penulisan artikel jurnal ilmiah |
Jumlah dosen | 2 | 4 | 6 | 7 | 7 | |||
Memperluas
kesempatan dan akses publikasi karya ilmiah |
Memanfaatkan OJS ‘Jurnal Pedagogi Hayati’ | Pemanfaatan portal online | √ | √ | √ | √ | √ | ||
Merencanakan OJS ‘Jurnal Pedagogi Hayati’ untuk memperoleh
Akreditasi Dikti |
Status Terakreditasi | – | – | – | – | √ | |||
5 | Kualitas
Sumberdaya Manusia dan Infrastruktur |
Peningkatan
kualifikasi/ profesionalisme dosen |
Mendorong kenaikan jabatan fungsional dosen | ||||||
a. asisten ahli | Juml. dosen | 0 | 6 | 0 | 0 | 0 | |||
b. lector | 0 | 0 | 1 | 1 | 6 | ||||
c. lector kepala | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | ||||
|
Mengusulkan penugasan dosen untuk
melaksanakan studi lanjut, di dalam negeri maupun di luar negeri |
Juml. dosen studi S3 | 0 | 1 | 1 | 2 | 2 | ||
Mengikuti program sertifikasi dosen | Jumlah Dosen Bersertifikat | 0 | 0 | 1 | 2 | 3 | |||
Mendorong dosen untuk menjadi anggota
organisasi/asosiasi profesi dan/atau keilmuan |
Juml. dosen | 6 | 7 | 7 | 7 | 7 | |||
Penyediaan
Prasarana dan Sarana Utama |
Ruang Kuliah | Juml. ruang | 3 | 3 | 6 | 6 | 6 | ||
Ruang Laboratorium | – | 1 | 1 | 2 | 2 | ||||
Ruang Perpustakaan | 0 | 0 | 1 | 1 | 1 | ||||
Ruang Seminar | 0 | 0 | 1 | 1 | 1 | ||||
Ruang Mikroteaching | 1 | 1 | 2 | 2 | 3 | ||||
Ruang Dosen | 1 | 1 | 7 | 7 | 8 | ||||
LCD Projector | 1 | 1 | 6 | 6 | 6 | ||||
6 | Tatalaksana
Organisasi dan Manajemen |
Koordinasi dengan
Gugus Penjaminan Mutu |
Me-reviewdan menyempurnakan SOP secara berkelanjutan | Keandalan dan Relevansi
SOP |
– | √ | √ | √ | √ |
Memantapkan sistem penjaminan mutu Prodi | Keandalan SPM | – | √ | √ | √ | √ | |||
Meningkatkan
ketertiban pelaksanaan program kerja |
Melakukan monitoring dan evaluasi Pelaksanaan program kerja | Pelaksanaan program kerja | – | √ | √ | √ | √ | ||
7 | Kerjasama,
Aliansi Strategis dan Jejaring |
Meningkatkan kerjasama antar Prodi P Bio dengan Univ lain | Mengembangkan kerjasama tridharma
perguruan tinggi dengan prodi p. Bio univ lain |
Jumlah prodi kerjasama | 0 | 0 | 1 | 1 | 2 |
Mengembangkan kerjasama/kemitraan Prodi bidang tridharma perguruan tinggi dengan institusi pemerintah (sekolah) | Jumlah institusi | 0 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||
8 | Kemahasiswaan
dan Alumni |
Pengembangan Prestasi
Mahasiswa |
Meningkatkan jumlah penerima dana hibah
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) |
Jml klp mhs | 0 | 1 | 2 | 3 | 4 |
Pengembangan jejaring
alumn |
Penyusunan database alumni | database | – | – | √ | √ | √ | ||
Pembentukan ikatan alumni | Ika.alumni | – | √ | √ | √ | √ |