Sosialisasi MBKM Program Studi Pendidikan Biologi

1
72

Untuk mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji, Sabtu pagi, 11 September 2021 mengadakan kegiatan sosialisasi di lingkungan internal prodi secara daring melalui ZOOM Conference. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa maupun dosen program studi pendidikan biologi. Pemaparan materi terkait dengan MBKM di Program Studi Pendidikan Biologi dilakukan oleh Sekretaris Jurusan, Assist. Prof. Elfa Oprasmani, S.Pd., M.Pd.

Pemaparan Materi Sosialisasi MBKM oleh Sekretaris Jurusan, Assist. Prof. Elfa Oprasmani, S.Pd., M.Pd.

Berdasarkan Permendikbud No 3 Tahun 2020 yang mengatur tentang MBKM, mahasiswa dalam hal menyelesaikan masa dan beban belajar pada tingkat sarjana dan sarjana terapan dapat dilakukan melalui kegiatan: 1) mengikuti segala kegiatan pembelajaran dalam program studi atau 2) mengikuti sebagian kegiatan pembelajaran di dalam prodi, sisanya dapat dilakukan di luar prodi. Aktivitas kegiatan pembelajaran yang dimaksud disini merujuk pada 8 Jenis Pembelajaran di luar kampus, yaitu:

  1. Pertukaran pelajar
  2. Magang/praktik kerja
  3. Asistensi mengajar di satuan pendidikan
  4. Penelitian/riset
  5. Proyek kemanusiaan
  6. Kegiatan kemanusiaan
  7. Studi/proyek independen
  8. Membangun desa/kuliah kerja nyata tematik
Pematerian tentang MBKM di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH

Implementasi kegiatan MBKM di Program Studi Pendidikan Biologi sendiri baru dapat diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Biologi pada saat memasuki semester 5, yang dapat dilihat pada ilustrasi berikut ini. Berdasarkan ilustrasi pemodelan di bawah ini, program studi pendidikan biologi memberikan kesempatan pada saat semester gasal (5,7) untuk dapat melakukan kegiatan pembelajaran di luar perguruan tinggi/magang sedangkan saat semester genap (6), mahasiwa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di luar prodi pendidikan biologi tetapi masih dalam lingkungan perguruan tinggi.

Implementasi keikutan serta mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dalam kegiatan MBKM telah dilaksanakan pada tahun 2020 hingga September 2021, antara lain:

  1. Program Kampus Mengajar Angkatan 1
    Diikuti oleh 31 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang tersebar di domisili masing-masing mahasiwa dengan penempatan pada Sekolah Dasar (Inisiasi Kemendikbud)
  2. Program Pertukaran Pelajar (PERMATA SARI)
    Diikuti oleh 10 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (Inisiasi PTN Bagian Barat)
  3. Program Kampus Mengajar Angkatan 2
    Diikuti oleh 28 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang tersebar di 5 kabupaten/kota, yaitu: Tanjungpinang, Batam, Bintan, Lingga, dan Karimun (Inisiasi Kemdikbud)
  4. Program Pertukaran Pelajar (FORKOM FKIP Se-Indonesia)
    Diikuti oleh 10 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (Inisiasi FORKOM FKIP Se-Indonesia)
  5. Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan
    Diikuti oleh 6 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang tersebar di 3 sekolah se-Kota Tanjungpinang, yaitu: SMAN 3 TPI, SMAN 4 TPI, dan SMAN 7 TPI.
  6. Kegiatan Kewirausahaan
    Diikuti oleh 5 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang bekerja sama dengan mitra bidang pendidikan, TEE Academy.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here